IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA PEMUDA TANGGUH PADA DINAS KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA SERTA PARIWISATA KOTA SURABAYA
Abstract
Abstraksi Pendidikan tinggi memiliki peranan penting dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia dalam suatu negara, namun masih banyak masyarakat yang kesulitan mengakses pendidikan tinggi. Permasalahan biaya pendidikan menjadi faktor utama penyebab kurangnya angka pendidikan. Pemerintah Kota Surabaya mencanangkan beasiswa Pemuda Tangguh untuk warga Kota Surabaya berusia 16–30 tahun yang berprestasi dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Besaran bantuan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarannya disesuaikan dengan masing-masing perguruan tinggi, biaya penunjang perkuliahan sebesar Rp750.000 per semester dan uang saku sebesar Rp500.000 per bulan. Beasiswa diberikan maksimal delapan semester untuk jenjang S1 dan enam semester untuk D3. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Program Beasiswa Pemuda Tangguh pada Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan yang dicetuskan oleh George Edward III. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian program beasiswa Pemuda Tangguh sudah berjalan dengan baik dan terorganisir, namun masih terdapat permasalahan yang menjadi hambatan dalam pengimplementasiannya yakni keterbatasan sumber daya manusia. Beasiswa Pemuda Tangguh masih berjalan hingga saat ini dan berupaya untuk memperbaiki hal-hal yang menjadi hambatan dalam implementasi program ini.
Abstract
Higher education plays an important role in shaping the quality of human resources in a country, but many people still have difficulty accessing higher education. The problem of educational costs is the main factor causing low education rates. The Surabaya City Government launched the Pemuda Tangguh (Resilient Youth) scholarship for Surabaya City residents aged 16-30 who are high-achieving and are currently pursuing higher education. The amount of educational assistance is in the form of Single Tuition Fee (UKT) which is adjusted according to each university, lecture support costs of Rp750,000 per semester and pocket money of Rp500,000 per month. The scholarship is given for a maximum of eight semesters for undergraduate level and six semesters for D3 level. The purpose of this research is to describe the implementation of the Pemuda Tangguh Scholarship Program at the Department of Culture, Youth and Sports and Tourism of Surabaya City at Surabaya State University. This research uses policy implementation theory proposed by George Edward III. This research uses a qualitative research approach with data collection methods through interviews, observation and documentation, while data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this research show that the implementation of the Pemuda Tangguh scholarship program has been running well and organized, but there are still problems that become obstacles in its implementation, namely limited human resources. The Pemuda Tangguh scholarship is still running until now and strives to improve things that become obstacles in the implementation of this program.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahab, Solichin. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Abidin, Said Zainal. 2004. Kebijakan Publik. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.
Adi, A. S. (2024). Implementasi Program Beasiswa Genius S1 Dalam Mengatasi Kesenjangan Pendidikan Tingkat Sarjana Di Kabupaten Bojonegoro. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 12(2), 203-212.
Anggraini, Dini Dwi, Retna Hanani, and Sri Suwitri. "Implementasi kebijakan beasiswa prestasi pendidikan tinggi Kabupaten Rembang." Journal of Public Policy and Management Review 13.2 (2024): 1-20.
Awan Y, Abdoellah, Yudi Rustiana. Teori dan Analisis Kebijakan Publik. (Bandung: CV. Alfa Beta. 2016).
Budi Winarno, “Teori dan Proses: Kebijakan Publik” (Yogyakarta:Media Pressindo, 2007).
Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. Sage. London.
Dariyanto, E. (2021). Setiap Tahun 3,7 juta Oelajar Lulus SMA, hanya 1,8 juta yang Bisa Kuliah. Detikcom. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5623865/setiap-tahun-3-7- juta-pelajar-lulus-sma-hanya-1-8-juta-yang-bisa-kuliah
Defa, S. S. P., Stiawati, T., & Rahayu, S. (2024). Implementasi Program Beasiswa Full Sarjana di Kota Cilegon. Konsensus: Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(5), 01-10.
Dharmawan, D. R. (2021). Determinan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009-2018. Universitas Jenderal Soedirman.
Dimock, Marshal E., & Gladys Ogden Dimock. 1984. Administrasi Negara. Terjemahan Husni Thamrin Pane. Jakarta: Aksara Baru.
Dwi, Melinda, and Prasetyo Isbandono. "Implementasi Kebijakan Beasiswa Pemuda Tangguh oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Serta Pariwisata Kota Surabaya." Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant) 2.2 (2024).
Herawati, N. R. (2024). Implementasi Program Beasiswa Pendidikan Pancakarsa Di Kabupaten Bogor Tahun 2022. Journal of Politic and Government Studies, 13(2), 242-253.
Hessel Nogi S. Tangkilisan, Implementasi Kebijakan Publik
Husna, S. A. (2024). Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Deli Serdang Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Sampah (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utara)
https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/wali-kota-eri-cahyadi-ingin-mahasiswa-penerima-beasiswa-pemuda-tangguh-bawa-perubahan-besar
https://puslapdik.kemdikbud.go.id/upaya-meningkatkan-apk-pendidikan-tinggi/
https://www.unesco.org/en
Lailin, U. R., Nuryanuarifa, D., & Maharani, W. M. (2024). Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan (Studi Pada Peraturan Bupati Blitar Nomor 149 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi Atau Kurang Mampu). Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 37-48.
Loen, Haura Sabitta Zikra, et al. "Kemiskinan, Pendidikan, Dan Akses Layanan Kesehatan Di Indonesia." Jurnal Education And Development 12.2 (2024): 35-45.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Muhammad Lugas Pribady. (2023). Waka DPRD Surabaya Dorong Optimalisasi Program Beasiswa Pemuda Tangguh. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d- 7024014/waka-dprd-surabaya-dorong-optimalisasi-program-beasiswa-pemudatangguh
Novandari, D. (2023). Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Studi Implementasi Peraturan Walikota Malang Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pengelolaan Biaya Operasional Daerah Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang di Dinas Pend. Universitas Merdeka Malang. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/3549
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 47 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Beasiswa.
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 3 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Beasiswa.
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 135 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pemberian Beasiswa.
Pratama, Dika Yoga, and Tjitjik Rahaju. "Implementasi Inovasi Layanan Mobil Keliling (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek)." Publika (2022): 621-636.
Putri, Rahmah Dila Amalia. Determinan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi Pada 14 Provinsi Di Indonesia. BS thesis. FEB UIN JAKARTA.
Rahmanto, Tarisya Aulia. "Implementasi Program Beasiswa Full Sarjana Untuk Mahasiswa Kurang Mampu Dan Berprestasi Asal Kota Cilegon." Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan 13.2 (2024): 18-32.
Rohmah, Eva Nur Laily, and Zuli Kasmawanto. "Implementasi Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta." Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 14.1 (2022): 85-104.
Sariri, F., & Prabawati, I. (2024). Evaluasi program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di Universitas Negeri Surabaya. Publika, 238-251.
Sen, Amartya, 1999. Development as Freedom. New York: Alfred a. Knoff, Inc.
Sos, Joko Pramono S. Implementasi dan evaluasi kebijakan publik. Unisri Press, 2020.
Sucita, Reghitama. "Implementasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (Kip-Kuliah) Di Universitas Riau." Journal Publicuho 4.4 (2021): 1112-1120.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D (S. P. M.Dr. Ir. Sutopo, Ed.). Alfabeta Bandung.
Sutmasa, Y. G. (2021). Memastikan Efektivitas Implementasi Kebijakan Publik. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 4(1), 25-36.
Suparto, S. (2017). Otonomi Daerah di Indonesia: Pengertian, Konsep, Tujuan, Prinsip dan Urgensinya.
Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.
Teori, Ekonomi Sumberdaya Manusia. "Kebijakan Publik." Jogyakarta: Graha Ilmu (2009).
Terry, G.R. 1977. Principles of Management. Third Edition. Illinois: Richard D. Irwin, Inc.
Tjokroamidjojo, B. 1979. Perencanaan Pembangunan. Jakarta: Gunung Agung. Kebijaksanaan dan Administrasi Pembangunan: Perkembangan Teori dan Penerapan. Jakarta: LP3ES. 1991. Manajemen Pembangunan. Jakarta: CV. Haji Masagung.
Siagian, S.P. 1984. Proses Pengelolaan Pembangunan Nasional. Jakarta: PT Gunung Agung. 1985. Analisis Serta Perumusan Kebijaksanaan dan Strategi Organisasi. Jakarta: PT Gunung Agung. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara.
Utami, Y. P. (2021). Implementasi Program Pemberian Beasiswa Daerah Untuk Mahasiswa Kabupaten Lamandau. Journal Ilmu Sosial, Politik dan Pemerintahan, 10(1), 1-12.
Wajdi, F. (2022). Hukum dan Kebijakan publik. Sinar Grafika.
Widodo, J. (2021). Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.
Winarno, Budi. (2008) Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo
Winarsih, S. (2013). Sistem pembiayaan pendidikan dan otonomi Daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(2), 265-286.
Refbacks
- There are currently no refbacks.