EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN MAGETAN
Abstract
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aparatur dalam menerapkan program rumah tidak layak huni bagi masyarakat miskin baik itu dari segi ketepatan sasaran dari program tersebut ataupun kekurangan dan kelebihan dari program yang telah diberikan oleh pemerintah yaitu meliputi kualitas pelayanan, ketepatan waktu, efisiensi waktu dan dampak pelayanan. Untuk membantu mensukseskan dan mengetahui tingkat keberhasilan program bantuan RTLH dari segi kuantitas dan kualitas, Program bantuan RTLH merupakan program yang realisasinya melibatkan pemerintah sebagai penyalur dan pemberi bantuan, Efektivitas program ini sangat bergantung pada keterlibatan berbagai pihak yang akan menentukan ketepatan sasaran dan pencapaian program serta melaksanakan sosialisasi dan pemantauan program. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Pelayanan Publik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Magetan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terkait Program RTLH telah terbukti optimal, Ketepatan waktu pelayanan menjadi faktor utama yang berperan meliputi kualitas kecepatan pelayanan, dan masyarakat sangat puas dengan ketepatan pelayanan yang diberikan, Efisiensi Biaya dalam pelayanan Diperkim gratis atau tanpa dipungut biaya, Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Disperkim telah berhasil dan berdampak positif pada kepuasan masyarakat khususnya penerima layanan bantuan RTLH.
Abstract
This research aims to determine the performance of the apparatus in implementing the uninhabitable housing program for the poor, both in terms of the program’s target accuracy as well as the weaknesses and strengths of the program provided by the government, which include service quality, timeliness, time efficiency, and service impact. To help ensure the success and assess the level of achievement of the RTLH assistance program in terms of quantity and quality, the RTLH assistance program is a program whose realization involves the government as a distributor and provider of assistance. The effectiveness of this program greatly depends on the involvement of various parties that will determine the accuracy of the target and the achievement of the program as well as carry out socialization and monitoring of the program. The research results show that the effectiveness of public services by the Department of Public Housing and Settlement Areas of Magetan Regency in meeting the community’s needs related to the RTLH Program has been proven optimal. Timeliness of service becomes the main factor that plays a role, including the quality and speed of service, and the community is very satisfied with the punctuality of the service provided. Cost efficiency in Disperkim services is free or without charge. This shows that the efforts to improve service quality carried out by Disperkim have been successful and have had a positive impact on community satisfaction, especially for recipients of RTLH assistance services.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Indonesia. 2024. Indeks Harga Properti Perumahan. Diakses pada https://www.bps.go.id/id/publication/2024/12/20/adf684ebfadf6b11627eaac9/indeks-harga-properti-perumahan-2024.html.
Batinggi, A. 2010. Pelayanan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Bandung: CV Mandar Maju.
Bazarah, A., Jubaidi, A., & Hubaib, A. (2021). Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 7(1), 1-10.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Dwiyanto, A. 2015. Birokrasi dan Pelayanan Publik dalam Perspektif Kepemerintahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Pengukurannya. Yogyakarta: Gava Media.
Jeffery, A., & Sarwo, E. (2020). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Motivasi, dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Keberhasilan Program Wirausaha Baru (WUB) di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 1(1), 1-10.
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.
Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Mukarom, Zainal, Dr, M.Si dan Muhibbudin Wijaya Laksana, S. Sos. M.Si. 2020. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Mundok, Z., Rotinsulu, T. O., & Masloman, I. (2022). Pengaruh Pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 22(3).
Mungkasa, Oswar. 2014. Perencanaan Tata Ruang: Sebuah Pengantar Artikel Bahan Kuliah Manajemen Tata Ruang Perkotaan Universitas Negeri Jakarta. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/343167880_Perencanaan_Tata_Ruang_Sebuah_Pengantar.
Nuriyah, S., Hidayat, A., & Sari, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Penerima Manfaat Terhadap Kinerja dalam Mencapai Efektivitas Program Bantuan Sosial. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1-10.
Oliver, R. L. 1997. Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. New York: McGraw-Hill.
Purwanto, A. 2022. Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Penerbit P4I.
Ramdani, A., Hidayat, R., & Sari, D. (2018). Pengaruh Komunikasi, Sumber Daya, dan Sikap Birokrasi Terhadap Efektivitas Program RTLH di Bogor. Jurnal Ilmu Administrasi, 1(1), 1-10.
Ratminto & Atik Septiana, C. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rizal Panji Nagayoso, Kridawati Sadhana, Yuntawati Fristin. 2024. Policy Implementation Program to Alleviate Uninhabitable Houses for the Poor.
Sarimah. 2016. Pelaksanaan Pembangunan Dalam Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rtlh) Kelurahan Karas Kecamatan Galang Kota Batam Tahun 2014.
Sukayana, K. 2023. Pengaruh Kepemimpinan, Pengawasan, dan Motivasi Penerima Manfaat Terhadap Efektivitas Program Bantuan Rumah tidak Layak Huni Kabupaten Buleleng. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Sutaryono. Integrasi Urusan Tataruang dan Pertanahan: Peluang & Tantangan Kelembagaan. Makalah disampaikan pada Forum Ilmiah Tahunan Ikatan Surveyor Indonesia (FIT-ISI) 2015, di Institut Teknologi Nasional Malang, 19 – 20 November 2015.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tri Wahyuningrum. 2016. Evaluasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Di Desa Kedungrejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Wijanyanti RositaAdhe Sari. 2018. Pelaksanaan Pemberian Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakt miskin di Desa Durenan Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun.
Refbacks
- There are currently no refbacks.