EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) DALAM PELAKSANAAN ADMINISTRASI SEKOLAH PADA SMP NEGERI 1 KARAS KABUPATEN MAGETAN
Abstract
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam pelaksanaan administrasi sekolah di SMP Negeri 1 Karas, Kabupaten Magetan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yang mengacu pada teori implementasi kebijakan oleh George C. Edward III, menyimpulkan bahwa implementasi program Dapodik di SMP Negeri 1 Karas telah berjalan cukup baik. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala yang memerlukan perhatian lebih lanjut. Aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi secara umum telah berfungsi dengan baik, meskipun beberapa area belum mencapai tingkat optimal. Secara keseluruhan, implementasi Dapodik di SMP Negeri 1 Karas menunjukkan kemajuan positif, namun keberhasilannya masih sangat bergantung pada inisiatif individu dan belum didukung sepenuhnya oleh sistem kelembagaan yang kuat.
Abstract
This research aims to describe the implementation of the Basic Education Data System (Dapodik) program in school administration at SMP Negeri 1 Karas, Magetan Regency. The research method used is descriptive qualitative, with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The findings, based on George C. Edward III’s policy implementation theory, conclude that the implementation of the Dapodik program at SMP Negeri 1 Karas has been running fairly well. However, there are still several obstacles that require further attention. The aspects of communication, resources, disposition, and bureaucratic structure have generally functioned effectively, although some areas have not yet reached an optimal level. Overall, the implementation of Dapodik at SMP Negeri 1 Karas shows positive progress, but its success still relies heavily on individual initiatives and is not yet fully supported by a strong institutional system.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S., & Rahaju, T. (2021). Peran Serta Stakeholder dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Ismail, M. (2024). Sistem Data Pokok Pendidikan: Manajemen Data Pendidikan Nasional. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Loilatu, H. (2020). Transformasi Sistem Pendataan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Penerbit Cerdas Bangsa.
Mahmudah, N., & Hertati, L. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Kajian Administrasi Publik. Bandung: Fokus Akademika.
Nainggolan, A. (2024). Pendidikan sebagai Pilar Pembangunan Bangsa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pawero, D. (2021). Kualitas Lembaga Pendidikan dan Dampaknya terhadap Mutu SDM. Malang: Literasi Nusantara.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2022 tentang Satu Data Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susan, R. (2024). Jaringan Pendidikan Nasional dan Implementasinya dalam Era Digital. Yogyakarta: Pustaka Media Pressindo.
Suryana, D. (2020). Pembangunan Pendidikan Nasional: Tantangan dan Strategi. Jakarta: Kencana.
Tueno, F. (2020). Manajemen Data dan Pengembangan Sistem Informasi Pendidikan. Surabaya: CV EduKomunika.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.