PENGARUH DISIPLIN, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRODUKSI DIVISI EXTRUDER PT. X SIDOARJO

Divya putri kartikasari, Sulastri Irbayuni

Abstract


Kinerja merupakan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja karyawan yang memerlukan tolak ukur keberhasilan dengan memperhatikan sumber daya sehingga mendukung tercapainya tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja karyawan produksi divisi Extruder PT. X Sidoarjo. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan lima poin Skala Likert sebagai alat ukur. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi Divisi Extruder PT. X Sidoarjo sebanyak 33 responden dengan teknik sampling jenuh. Data yang dipergunakan adalah data primer sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan : 1.) Disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan bagian produksi Divisi Extruder PT. X Sidoarjo. 2.) Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan bagian produksi Divisi Extruder PT. X Sidoarjo.
Kata Kunci : Disiplin Kerja, Keselamatan dan kesehatan kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


A. Anwar Prabu. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia” Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Agatha Finona Fatoni, Mochammad Djudi Mukzam, Yuniadi Mayowan. “ Pengaruh Keselamatan Dan kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PG Kebon Agung Malang)”. Vol 56,No 1,2018.

Bahtiar, Wahyu, Winarningsih. (2018). “Pengaruh Motivasi , Disiplin, dan K3 Terhadap Kinerja Karyawan PT. GRC Karya Perdana Semarang”. e- Ilmu dan Riset Manajemen : vol 7,No.5, Mei 2018.

Basri¸ A. F. M., dan Rivai¸ V.2005. “Performance appraisal”. Jakarta: PT Raja.Grafindo Persada.

B. Siswanto Sastrohardiwiryo,2003, “Manajemen Tenaga Kerja Indonesia”. Edisi 2, Jakarta, PT. Bumi Aksara.Siswanto

Derita Qurbani, Upay Selviana. (2018).”Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trakindo Utama Cabang BSD”.JIMF Hal110- 129. Vol.1, No.3, Mei 2018.

Edy Sutrisno. 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 dan 2, ed. 13, PT. Erlangga, Jakarta.

Eggy Aufal Marom, Bambang Swasto Sinuharyo. (2018). “Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.60 No.1 Juli 2018.

Indarti, D. A. R., & Kurniawan, G. (2020). Pengaruh Kompetensi, Supervisi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan. Sasanti Journal Of Economic And Business, 1(1).

Iwan Setiawan. (2018). “Pengaruh Keselamatan Kerja Fisik Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. Studi Empirik Karyawan PT. Karakatau Posco di Cilegon Banten. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, vol.2(1):hh.1-19(juni 2018)

Kriswibowo, A., Harsanto, B. T., & Kurniasih, D. (2017). Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(2).

Malayu S.P. Hasibuan. (2002). “Managemen Sumber Daya Manusia”. Bandung: Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2002). “Manajemen Sumber Daya Manusia”.Remaja Rosdakarya,Bandung.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2011.”Manajemen Sumber Daya Manusia”. Cetakan Kesepuluh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkuprawira, Syafri dan Aida Vitalaya.2007. “Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia”. Bogor: Galia Indonesia.

Mathis,Robert,JacksonJohn.(2002).”Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta, Salemba Empat.

Nurlaila, 2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia” I. Ternate: Penerbit LepKhair

Prawirosentono, Suyadi.(1999). “Kebijakan Kinerja Karyawan”. Yogyakarta: BPFE.

Riptono, Muhammad As’ad, Mochamad Reza Hafriansyah. (2018). “Pengaruh Motivasi, Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan PT.X Bumi Serpong Damai”.Jurnal Transparansi. Vol.1, No. 2, Desember 2018,pp.283-293

Roziqin, Muhammad Zainur. 2010. “Kepuasan Kerja”. Malang : Averroes Press.

Sedarmayanti, (2011), “Manajemen Sumber Daya Manusia,Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil”.(cetakan kelima). Bandung, PT. Refika Aditama.

Simamora, Henry. (2006). “Manajemen Sumber Daya Manusia”,YKPN,Yogyakarta.

Sinambela, Lijan Poltak. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Hal 340-355. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono, (2013). “metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung Alfabeta.

Sutrisno, H. E.2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Cetakan kedelapan, Prenadamedia Group. Jakarta.

Syarkani.(2017). “Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Panca Konstruksi di Kabupaten Banjar”. Jurnal Ilmu Ekonomi Bisnis,Vol 3. No.3, November 2017,Hal,365-374.

Wibowo, (2010). “Manajemen Kinerja Edisi ke 3. PT. Raja Grafindo Prasada”.Jakarta.

Wukir,(2013). “Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah”, Cetakan Multi Presindo Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.