IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE TOKOPEDIA DIMASA PANDEMI

Yoga Prathama Putra, Nuruni Ika Kusuma W

Abstract


Pandemi Covid-19 seperti saat ini menyebabkan berbagai aktivitas terpaksa harus dibatasi, seperti saat ini banyak masyarakat berkegiatan dirumah sehingga mengakibatkan meningkatnya jumlah pengguna internet. Peningkatan pengguna internet membuat masyarakat lebih konsumtif dan didukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Tokopedia merupakan e-commerce dengan nilai transaksi terbesar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh shopping lifestyle dan diskon sebagai faktor dalam melakukan impulse buying. Konsumen yang pernah melangsungkan transaksinya di salah satu aplikasi e-commerce tokopedia di wilayah Surabaya akan dilibatkan ke dalam populasi penelitian.Dengan mengadopsi metode non probability sampling sebagai metode pengambilan sampel dan teknik insidental sampling sebagai teknik pengambilan sampel, peneliti akan meneliti konsumen yang pernah bertransaksi di dalam e-commerce tokopedia secara online. Sehingga sample penelitian sejumlah 70 responden. Penelitian ini juga mengadopsi teknik Partial Least Square (PLS) sebagai teknik analisis data penelitian. Penelitian ini memperoleh bahwa konsumen akan terpengaruh untuk membeli secara impulsif di tokopedia dikarenakan Shopping Lifestyle dan Diskon.

Kata Kunci: Gaya Hidup Belanja, Diskon, Pembelian Impulsif, E-commerce

Full Text:

PDF

References


Apjii.co.id. (n.d.). Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 [Q2]. Https://Apjii.or.Id/Content/Read/39/521/Laporan-Survei-Internet-APJII-2019---2020-[Q2].

Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying)(Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Manajemen Bisnis, 5(2).

Belch, G. E. dan M. A. B. (2009). Advertising and Promotion : An. Integrated Marketing Communication Perpective (8th ed.). McGrew-Hill Irwin.

Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying dengan shopping lifestyle dan positive emotion sebagai variabel intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80–89.

Dewantoro, A., Rachma, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop Lazada. Co. Id (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Unisma). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(08).

Evita Supma. (2018). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Impulse Buying.

Fandy Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi III). CV. Andi Offset.

Fihartini, Y. (2017). PENGARUH FAKTOR EXTERNAL TRIGGER CUES, IMPULSE BUYING TENDENCY, INTERNAL CUES, DAN NORMATIVE EVALUATION TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING DI BANDAR LAMPUNG. Prosiding Penelitian: Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung, 386–395.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 3 (B. P. Universitas & Diponegoro (eds.).

Haq, A. A. F., & Fahmi, I. S. (2020). Pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif pada pengguna aplikasi grab (grabfood). JURNAL MANAJEMEN, 12(1), 1–9.

Hermawan, I. (2019). Universitas Esa Unggul. April, 1–11.

Hidayat, R., & Tryanti, I. K. (2018). Pengaruh Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 174–180.

Huda, S. (2021). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MARKETPLACE LAZADA. Universitas Muhammadiyah Malang.

Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce.

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2).

Kusumaningsih, A. (2017). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR KONSUMEN KARITA MUSLIM SQUARE YOGYAKARTA. Manajemen-FE.

Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(2), 129–140.

Pradiatiningtyas, D. (2019). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Online Di Marketplace. Journal Speed–Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11.

Putra, M. R. M., Albant, M. A. K., Sari, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). PENGARUH PROMOSI, FASHION INVOLVEMENT, DAN SHOPPING LIFE STYLE, DAN IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE SHOPEE. REVENUE Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Syari’ah, 3(02), 21–29.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Alfabeta (ed.)).

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144–154.

Wijaya, E., & Oktarina, Y. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Hodshop Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 10–22. https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i1.696


Refbacks

  • There are currently no refbacks.