IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG PROSES BELAJAR MENGAJAR BAGI DOSEN DAN MAHASISWA DI UPN “VETERAN” JAWA TIMUR
Abstract
maupun bisnis. Dengan semakin berkembangan teknologi tersebut diharapkan di Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Jawa Timur dalam proses belajar mengajar juga dapat mengimplementasikan dengan
mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Di lingkungan UPN “Veteran” Jawa Timur pihak manajemen
kampus sudah menyediakan sistem pembelajaran berbasis web atau online yaitu E learning. Dengan adanya
sistem E learning tersebut maka peneliti ingin mengetahui seberapa besar penggunan sistem E learning
tersebut dikalangan Dosen dan Mahasiswa. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti melakukan penelitian
dengan menggunakan metode PIECES dengan instrumen yang digunakan adalah Performance,
Information, Economic, Control, Efeciency dan Service. Dari hasil metode PIECES tersebut didapatkan
bahwa penggunaan sistem E learning dalam proses belajar mengajar di lingkungan UPN “Veteran” Jawa
Timur masih dapat dikatakan kurang digunakan oleh Dosen dan Mahasiswa dengan melihat nilai rata-rata
dari seluruh aspek yang ada dalam metode PIECES sebesar 67,36 %. Hal ini dapat dikatakan bahwa
kurangnya sosialisasi kepada Dosen dan Mahasiswa tentang manfaat penggunaan sistem E learning di dunia
pendidikan terutama untuk proses belajar mengajar.
Kata Kunci : E learning, Metode PIECES
Full Text:
PDFReferences
Arief Furchan,1992. Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha
Nasional
Baharuddin, Wahyuni, Esa Nur. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: ArMedia.
Dananjaya Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa,.
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta,.
Duwi Priyatno.2009. Belajar Mudah Internet, Yogyakarta: MediaKom,
Hamzah. 2010. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran, Jakarta:Bumi Aksara,.
Hasbullah. 2008. “Perancangan dan Implementasi Model Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di JPTE FPTK”. Diunduh dari
http://pustijaknov.org/data/file/2008.
Lexy J. Moleong. 2007. Methodology Penelitian Kualitatatif. Bandung:Remaja
Rosdakarya.
Mason Robin & Frank Rennie. (N.D). Serial Konsep-Konsep Kunsi E-learrning Panduan
Mattew B. Milles dan A. Michael Huberman. 1992.An Expanded Soursebook Qualitative
Analysis, Second Edition , New Delhi: Sage Publications,.
Moh Roqib dan Nurfuadi. 2009. Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian
Guru yang Sehat di Masa Depan Yogyakarta: Grafindo LiteraMedia,
Mudhofir. 1987. Teknologi Instruksional, Bandung: Remaja Rosda Karya,.
Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ,
Bandung: Alfabeta, 2009.
Noeng Muhajdir. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif , Yogyakarta: Rake Sarasin.
NN. 2010.Lengkap Menangani Dunia Digital dan Internet , Yogyakarta: Pustaka Baca,
Nuryani. 2005.Strategi Belajar Mengajar Biologi , Malang: UM Press,
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Jakarta: Pusat Bahasa,.
Sariyunna. 2009. “E-learning, Konsep dan Modelnya di Perguruan Tinggi”. Diunduh dari
http://Sariyunna.com/mp-tent/uploads/2009.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta,.
Suharsimi Arikunto. (N.D) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Bumi Aksara
Windu Gata, Nia Kususma Wardani, 2017, Evaluasi Perkuliahan Menggunakan Metode
Framework Pieces Pada Universitas Mercubuana, Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan
Teknologi Komputer Vol.3. NO.1 Agustus 2017 E-ISSN: 2527-4864
Yudie Irawan, Nanik Susanti, Wiwit Agus Triyanto, 2015, Analisa dan perancangan
sistem pembelajaran online(e-learning) pada smk mambaul falah kudus, Jurnal
SIMETRIS, Vol.6 No 2 November 2015 ISSN : 2252-4983
Refbacks
- There are currently no refbacks.