IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE SHOPEE
Abstract
internet setiap tahunnya di Indonesia. Peningkatan pengguna internet tersebut didukung
pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Shopee merupakan e-commerce kategori situs
belanja online yang paling diminati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh shopping lifestyle dan online store beliefs sebagai faktor dalam melakukan
impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee di wilayah
Surabaya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability
sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu sampel dipilih
berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Sampel yang diambil adalah
sebesar 96 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Partial
Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Shopping
Lifestyle mempengaruhi konsumen dalam melakukan impulse buying di e-commerce
Shopee. Sedangkan, Online store beliefs tidak mempengrauhi konsumen dalam
melakukan impulse buying di e-commerce Shopee.
Keywords: Impulse Buying ; Shopping Lifestyle ; Online Store Beliefs ; e-commerce
Full Text:
PDFReferences
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [Apjii]. (2018). Profil Pengguna Internet
Indonesia. Jakarta.
Asriningati, M., & Wijaksana, T. I. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Online
Store Beliefs Terhadap Impulse Buying Pada Lazada . Co . Id. 15(2).
Darma, Lizamary Angelina. Edwin Japarianto. 2014. Analisa Pengaruh Hedonic
Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle dan Positive
Emotion sebagai variabel Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal
Manajemen Pemasaran, Vol.8 (2).
Hursepuny, C. V., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan
Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee _ Id. EProceeding of Management, 5(1), 1041–1048
Iprice.co.id, (2019). Peta E-commerce Indonesia. Https://Iprice.Co.Id/Insights/
Mapofecommerce/ (Diakses september 2019).
Mowen, John, C dan Michael Minor. 2008. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. JakartaErlangga
Verhagen, T. & Dolen, W. V., 2011. The Influence Of Online Store Beliefs On
Consumer Online Impulse Buying: A Model And Empirical Application.
Information & Management, Volume 48, p. 320 – 327.
Wulan, W. N. N., Suharyati, Rosali., (2019). Analisis Pembelian Tidak Terencana Pada
Toko Online Shopee.
Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan
Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota
Padang. 01, 360–368.
Refbacks
- There are currently no refbacks.